%A 1013023035 Dinny Septiany %T PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL %X PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL Oleh DINNY SEPTIANY Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery lear-ning pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil yang merupakan salah satu indikator dari keterampilan berpikir kreatif. Discovery learning terdiri dari 6 tahap yaitu: stimulasi (pemberian rangsangan), identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan pena-rikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA MA Negeri 1 Metro Tahun pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diper-oleh kelas XI IPA2 dan XI IPA3 semester ganjil Tahun Pelajaran 2013-2014 seba-gai sampel penelitian. Efektivitas model discovery learning diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir orisinil pada kelas kontrol sebesar 0,25 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,52. Berdasarkan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: model discovery learning, kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir orisinil %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints2721