TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27218 UR - http://digilib.unila.ac.id/27218/ A1 - SRI WINDASARI , 1313053157 Y1 - 2017/06/13/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 4 Metro Barat yang diketahui dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Hal ini dapat dilihat dari kategori hasil belajar siswa siklus I dengan kategori ?Belum Tuntas?, mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori ?Tuntas?. Kata kunci: hasil belajar, IPS, talking stick PB - FAKUKLTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT AV - restricted ER -