TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27230 UR - http://digilib.unila.ac.id/27230/ A1 - YULI ARTANTO, 1313021091 Y1 - 2017/06/13/ N2 - ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-D yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komu-nikasi matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Efektivitas, Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al-Kautsar Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) AV - restricted ER -