%A 1313031038 GADIS WULANDARI %T PERBANDINGAN SOFT SKILL ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY DAN PAIR CHECK DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %X ABSTRAK PERBANDINGAN SOFT SKILL ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY DAN PAIR CHECK DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh Gadis Wulandari Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya soft skill siswa serta mengkaji tentang perbedaan soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model Team Assisted Individually (TAI) dan Pair Check (PC) dengan memperhatikan konsep diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 03 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan by level desain. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu VIII A dan VIII D. yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data melalui observasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan rata-rata soft skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individually dan pair check pada mata pelajaran IPS Terpadu (2) Ada perbedaan soft skill antara siswa yang memilki konsep diri tinggi dan siswa yang memiliki konsep diri rendah (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan konsep diri dan soft skill pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata Kunci: konsep diri, pair check, soft skill, team assisted individually. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints27239