title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL creator: Oktia Wulandari, 1013023053 subject: description: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL Oleh OKTIA WULANDARI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest)Control-Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir orisinil pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,18 dan 0,54. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil. Kata kunci: keterampilan berpikir orisinil, larutan elektrolit dan non-elektrolit, model pembelajaran inkuiri terbimbing publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-07-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/16/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2724/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Oktia Wulandari, 1013023053 (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/2724/