creators_name: Oktia Wulandari, 1013023053 creators_id: oktiaw@yahoo.co.id type: other datestamp: 2014-08-18 05:20:36 lastmod: 2014-08-18 05:20:36 metadata_visibility: no_search title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL Oleh OKTIA WULANDARI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest)Control-Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir orisinil pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,18 dan 0,54. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil. Kata kunci: keterampilan berpikir orisinil, larutan elektrolit dan non-elektrolit, model pembelajaran inkuiri terbimbing date: 2014-07-23 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: Oktia Wulandari, 1013023053 (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/7/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/8/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/16/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/2724/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf