title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERIIKATAN KIMIA creator: NI WAYAN PUSPA APRIANA SUSANTI, 1313023057 subject: L Education (General) = Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan validitas LKS yang dikembangkan, mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan, serta mendeskripsikan kendala yang dihadapi selama pe-ngem¬¬¬bangan LKS berbasis representasi kimia pada materi ikatan kimia. Metode pene¬litian ini adalah pe¬neliti¬¬an dan pengem¬bang¬an. Tahap pelaksanaan penelitian ini diawali dengan tahap penelitian dan pengumpulan informasi sampai tahap revisi hasil uji coba LKS. Karakteristik LKS hasil pengembangan yaitu LKS disertai fenomena berupa gam-bar, data, dan video yang berbasis representasi kimia, dan penjelasan mengenai ikat¬an kovalen yang didasarkan pada Teori Ikatan Valensi (TIV). Berdasarkan hasil validasi produk pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keter¬¬bacaan di-peroleh rata-rata persentase sebesar 81,90 % sehingga dinyatakan valid. Rata-rata persentase tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, keter¬bacaan, dan kemenari-kan sebesar 94,30% dengan kriteria sanggat tinggi. Dan rata-rata persentase tang-gapan siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan sebesar 87,44% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka LKS berbasis representasi kimia pada materi ikatan kimia layak digunakan sebagai media belajar. Kata Kunci : ikatan kimia, LKS, representasi kimia publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-07-03 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27245/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27245/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27245/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: NI WAYAN PUSPA APRIANA SUSANTI, 1313023057 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERIIKATAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/27245/