%0 Generic %A NI WAYAN PUSPA APRIANA SUSANTI, 1313023057 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27245 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERIIKATAN KIMIA %U http://digilib.unila.ac.id/27245/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan validitas LKS yang dikembangkan, mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan, serta mendeskripsikan kendala yang dihadapi selama pe-ngem¬¬¬bangan LKS berbasis representasi kimia pada materi ikatan kimia. Metode pene¬litian ini adalah pe¬neliti¬¬an dan pengem¬bang¬an. Tahap pelaksanaan penelitian ini diawali dengan tahap penelitian dan pengumpulan informasi sampai tahap revisi hasil uji coba LKS. Karakteristik LKS hasil pengembangan yaitu LKS disertai fenomena berupa gam-bar, data, dan video yang berbasis representasi kimia, dan penjelasan mengenai ikat¬an kovalen yang didasarkan pada Teori Ikatan Valensi (TIV). Berdasarkan hasil validasi produk pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keter¬¬bacaan di-peroleh rata-rata persentase sebesar 81,90 % sehingga dinyatakan valid. Rata-rata persentase tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, keter¬bacaan, dan kemenari-kan sebesar 94,30% dengan kriteria sanggat tinggi. Dan rata-rata persentase tang-gapan siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan sebesar 87,44% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka LKS berbasis representasi kimia pada materi ikatan kimia layak digunakan sebagai media belajar. Kata Kunci : ikatan kimia, LKS, representasi kimia