%0 Generic %A Kinasih Cahyono, 1313024046 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27253 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA Kelas VIII SMP se-Kecamatan Langkapura Kotamadya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017) %U http://digilib.unila.ac.id/27253/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan Guru IPA SMP kelas VIII se-Kecamatan Langkapura Kotamadya Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017 dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh guru IPA yang mengajar kelas VIII di SMP se-Kecamatan Langkapura Kotamadya Bandar Lampung sebanyak 6 guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling non probability. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif. Data pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data berupa data primer yaitu dari hasil penyebaran angket dan informasi yang didapat dari wawancara tanggapan guru IPA SMP kelas VIII dan data sekunder yaitu dari data latar belakang pendidikan guru. Teknik pengambilan data menggunakan triangulasi instrumen yaitu angket, wawancara, dan latar belakang pendidikan guru. Data yang telah terkumpul dihitung dalam bentuk persentase dan dianalisis secara deskriptif dalam bentuk kriteria. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan Guru IPA dalam merencanakan asesmen tergolong kriteria cukup mengalami kesulitan pada indikator menetapkan tujuan asesmen, menyusun instrumen, menyusun kisi-kisi soal, menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan kaidah penulisan soal, menentukan kriteria mutu soal, serta menyusun pedoman penskoran. Kesulitan dalam melaksanakan asesmen pada indikator pelaksanaan asesmen ranah afektif, psikomotorik, dan kognitif. Dengan demikian kesulitan guru dalam merencanakan asesmen termasuk kriteria cukup dan melaksanakan asesmen termasuk dalam kriteria tinggi. Kata kunci: asesmen, kesulitan, melaksanakan asesmen, merencanakan asesmen