%A 1313023042 ISTIQOMAH %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN INFERENSI %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran meng-gunakan LKS berbasis problem solving pada materi asam-basa untuk mening-katkan keterampilan memprediksi dan inferensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung semester genap Tahun 2016-2017 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Pretest- Posttest Control Group Design. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan n-gain yang sig-niifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan didukung oleh data keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pelaksanaan pem-belajaran dengan LKS berbasis problem solving, aktifitas siswa dan kemampu?an guru. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata n-gain keterampilan mempre?dik-si untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,60 dan 0,71 dan keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,60 dan 0,71. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa secara statistik keterampil-an siswa dalam memprediksi dan inferensi menunjukkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas yang menggunakan pembelajaran LKS kon?ven-sional dengan kelas yang menggunakan LKS berbasis problem solving. Data pendukung berupa keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pelak?sana-an pembe-lajaran dengan LKS berbasis problem solving, aktifitas siswa dan kemampuan guru memiliki penilaian berkategori sangat tinggi. Hal ini menun?juk-kan bahwa pembelajaran materi asam-basa menggunakan LKS berbasis problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan infernsi siswa. Kata kunci: asam-basa, keterampilan memprediksi dan inferensi siswa, LKS berbasis problem solving. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints27256