creators_name: ISTIQOMAH, 1313023042 creators_id: istiqomahiis0301@gmail.com type: other datestamp: 2017-07-17 06:40:38 lastmod: 2017-07-17 06:40:38 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN INFERENSI ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran meng-gunakan LKS berbasis problem solving pada materi asam-basa untuk mening-katkan keterampilan memprediksi dan inferensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung semester genap Tahun 2016-2017 dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Pretest- Posttest Control Group Design. Efektivitas ini diukur berdasarkan perbedaan n-gain yang sig-niifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan didukung oleh data keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pelaksanaan pem-belajaran dengan LKS berbasis problem solving, aktifitas siswa dan kemampu¬an guru. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata n-gain keterampilan mempre¬dik-si untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,60 dan 0,71 dan keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,60 dan 0,71. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa secara statistik keterampil-an siswa dalam memprediksi dan inferensi menunjukkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas yang menggunakan pembelajaran LKS kon¬ven-sional dengan kelas yang menggunakan LKS berbasis problem solving. Data pendukung berupa keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa terhadap pelak¬sana-an pembe-lajaran dengan LKS berbasis problem solving, aktifitas siswa dan kemampuan guru memiliki penilaian berkategori sangat tinggi. Hal ini menun¬juk-kan bahwa pembelajaran materi asam-basa menggunakan LKS berbasis problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan infernsi siswa. Kata kunci: asam-basa, keterampilan memprediksi dan inferensi siswa, LKS berbasis problem solving. date: 2017-07-10 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ISTIQOMAH, 1313023042 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN INFERENSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/27256/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27256/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27256/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf