%0 Generic %A NENY SHERLIANI, 1313023054 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27258 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI PADA MATERI ASAM BASA %U http://digilib.unila.ac.id/27258/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggu-na¬kan LKS berbasis problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengkla-sifi¬kasi pada materi asam basa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 dijadikan sebagai kelas eksperi¬men dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Metode pada peneliti-an ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan LKS berbasis problem solving sedangkan pada kelas kontrol menggunakan LKS konvensional. Aspek keefektif¬an ditentukan dari rata-rata n-Gain siswa dalam mengklasifi¬kasi, yang didukung oleh aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan ke¬mampuan guru dalam mengelola pembelajaran sedangkan aspek kepraktisan ditentukan dari keterlaksana¬an pem¬be¬la¬jaran menggu¬nakan LKS berbasis problem solving dan respon siswa terhadap pembela¬jaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda secara signifik¬¬¬an, yaitu 0,6 dan 0,71. Hal ini didukung aktivitas siswa dan ke¬mam¬¬puan guru dalam mengelola pem¬be¬lajaran yang memiliki penilaian dengan kriteria sangat tinggi. Penilaian keprak¬tisan dalam keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa ter-hadap pelak¬sanaan pembelajaran menggunakan LKS berbasis problem solving memiliki kriteria sangat tinggi. Berdasarkan deskripsi di atas, dapat disimpulkan bah¬wa pembela¬jaran menggunakan LKS ber¬basis problem solving efektif dalam mening¬katkan keterampilan mengklasifikasi pada materi asam basa. Kata kunci: asam-basa, keterampilan mengklasifikasi, problem solving.