creators_name: NENY SHERLIANI, 1313023054 creators_id: nenysherliani31@gmail.com type: other datestamp: 2017-07-17 08:27:27 lastmod: 2017-07-17 08:27:27 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI PADA MATERI ASAM BASA ispublished: pub subjects: LB subjects: QD full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggu-na¬kan LKS berbasis problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengkla-sifi¬kasi pada materi asam basa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 dijadikan sebagai kelas eksperi¬men dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Metode pada peneliti-an ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan LKS berbasis problem solving sedangkan pada kelas kontrol menggunakan LKS konvensional. Aspek keefektif¬an ditentukan dari rata-rata n-Gain siswa dalam mengklasifi¬kasi, yang didukung oleh aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan ke¬mampuan guru dalam mengelola pembelajaran sedangkan aspek kepraktisan ditentukan dari keterlaksana¬an pem¬be¬la¬jaran menggu¬nakan LKS berbasis problem solving dan respon siswa terhadap pembela¬jaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda secara signifik¬¬¬an, yaitu 0,6 dan 0,71. Hal ini didukung aktivitas siswa dan ke¬mam¬¬puan guru dalam mengelola pem¬be¬lajaran yang memiliki penilaian dengan kriteria sangat tinggi. Penilaian keprak¬tisan dalam keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa ter-hadap pelak¬sanaan pembelajaran menggunakan LKS berbasis problem solving memiliki kriteria sangat tinggi. Berdasarkan deskripsi di atas, dapat disimpulkan bah¬wa pembela¬jaran menggunakan LKS ber¬basis problem solving efektif dalam mening¬katkan keterampilan mengklasifikasi pada materi asam basa. Kata kunci: asam-basa, keterampilan mengklasifikasi, problem solving. date: 2017-07-10 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: NENY SHERLIANI, 1313023054 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/27258/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27258/15/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27258/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf