@misc{eprints27266, month = {Mei}, title = {PERBANDINGAN HASIL BELAJAR YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, author = { 1213031058 Menik Ambarwati Muhtar }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27266/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Mind Mapping dan Numbered Head Together dengan memperhatikan sikap siswa terhadap mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif dan treatment by level. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 136 siswa dari 4 kelas dengan jumlah sampel 68 siswa. Teknik pengambilan data yaitu cluster random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, Uji hipotesis 1 dan 4 menggunakan rumus Analisis Varians Dua Jalan (ANAVA) dan pengujian hipotesis 2 dan 3 menggunakan t- test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukka: (1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi model Mind Mapping dengan Numbered Head Together. (2) Hasil belajar ekonomi menggunakan model Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan Numbered Head Together pada siswa yang memiliki sikap positif terhadap matapelajaran ekonomi. (3) Hasil belajar ekonomi menggunakan model Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan Numbered Head Together pada siswa yang memiliki sikap negatif terhadap matapelajaran ekonomi. (4) Tidak ada interaksi hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Mind Mapping dan Numbered Head Together dengan memperhatikan sikap positif dan negatif. Kata Kunci : Hasil Belajar, Mind Mapping, Numbered Head Together, Sikap Siswa } }