%0 Generic %A JULEHA, 1313041040 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27272 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T TINDAK TUTUR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/27272/ %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah tindak tutur siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Dengan demikian, tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan jenis tindak tutur siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, beserta kelangsungan tindak tutur tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Sumber data diperoleh dari tindak tutur siswa kelas X AK3 dan X AK4 SMK Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan teknik catatan lapangan dan teknik rekam, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis heuristik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui tindak tutur siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berupa tindak tutur asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Tindak tutur asertif (mengatakan, melaporkan, dan menyebutkan); direktif (menyuruh, memohon, menuntut, menyarankan, dan menantang); komisif (berjanji, bersumpah, dan mengancam); ekspresif (memuji, mengucapkan terima kasih, mengkritik, menyelak); dan deklaratif (memutuskan, membatalkan, melarang, mengizinkan, memberi maaf). Jenis ekspresi tersebut dituturkan secara langsung maupun tidak langsung. Tindak tutur langsung ditemukan 228 data, sedangkan tindak tutur tidak langsung ditemukan 31 data dengan modus tuturan berita (deklaratif), tuturan tanya (interogatif), dan kalimat perintah (imperatif). Kata Kunci: tindak tutur,kelangsungan tuturan dan jenis ekpresi tuturan.