?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PEMBELAJARAN+DISCOVERY+LEARNING+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+MODEL+MENTAL+DAN+PENGUASAAN+KONSEP%0D%0ASISWA+PADA+MATERI+LARUTAN+ELEKTROLIT+%0D%0ADAN+NON+ELEKTROLIT%0D%0A%0D%0A&rft.creator=DWI+MAISAROH%2C+1313023020&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QD+Chemistry&rft.description=ABSTRAK%0D%0A%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+kepraktisan%2C+keefektifan%2C+dan+ukuran+pengaruh+pembelajaran+discovery+learning+dalam+meningkatkan+model+mental+dan+penguasaan+konsep+siswa+pada+materi+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit.++Metode+penelitian+yang+digunakan+adalah+One+Group+Pretest-Posttest+Design+dengan+pengambilan+sampel+menggunakan+teknik+cluster+random+sampling.++Terpilih+kelas+X.2+dan+X.7+SMA+Negeri+16+Bandar+Lampung+sebagai+kelas+perlakuan+dari+sepuluh+kelas+yang+ada.++Hasil+penelitian+yang+diperoleh+menunjukkan+bahwa+pembelajaran+discovery+learning+memiliki+kepraktisan+yang+sangat+tinggi+dalam+meningkatkan+kemampuan+model+mental+dan+penguasaan+konsep+siswa.++Terlihat+dari+hasil+yang+diperoleh%2C+dimana+keterlaksanaan+pembelajaran+dan+respon+siswa+selama+pembelajaran+yang+berkategori+sangat+tinggi.++Pembelajaran+discovery+learning+memiliki+keefektifan+yang+sangat+tinggi+dalam+meningkatkan+kemampuan+model+mental+dan+penguasaan+konsep+siswa%2C+hal+ini+ditunjukkan+dengan+hasil+yang+diperoleh+pada+hasil+kemampuan+guru+dan+aktivitas+siswa+yang+berkategori+sangat+tinggi.++Hasil+dari+tes+model+mental+sebelum+pembelajaran+discovery+learning+pada+kedua+kelas+perlakuan+diperoleh+hasil+berkategori+buruk+sekali+dan+buruk%2C+setelah+pembelajaran+discovery+learning+mengalami+peningkatan+menjadi+berkategori+sedang+dan+baik.++Peningkatan+kemampuan+model+mental+ditunjukkan+dari+rerata+n-Gain++setelah+pembelajaran+discovery+learning+yang+berkategori+sedang.++Kemampuan+penguasaan+konsep+siswa+mengalami+peningkatan+yang+ditunjukkan+dengan+rerata+n-Gain+setelah+pembelajaran+discovery+learning+berkategori+sedang.++Perhitungan+ukuran+pengaruh+menunjukkan+bahwa+lebih+dari+90%25+peningkatan+kemampuan+model+mental+dan+penguasaan+konsep+siswa+pada+materi+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit+dipengaruhi+oleh+pembelajaran+discovery+learning.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+pembelajaran+discovery+learning%2C+model+mental%2C+penguasaan+konsep%2C%0D%0A+larutan+elektrolit+dan+non+elektrolit+%E2%80%83%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2017-07-11&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27281%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27281%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27281%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++DWI+MAISAROH%2C+1313023020++(2017)+PEMBELAJARAN+DISCOVERY+LEARNING+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+MODEL+MENTAL+DAN+PENGUASAAN+KONSEP+SISWA+PADA+MATERI+LARUTAN+ELEKTROLIT+DAN+NON+ELEKTROLIT.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27281%2F