%0 Generic %A Windriyati , 1213024075 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27282 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PROFIL SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI IPA BERDASARKAN TESSOAL TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) %U http://digilib.unila.ac.id/27282/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi IPA berdasarkan tes soal TIMSS danmengetahui faktor internal berupa motivasi belajarIPA, kebiasaan belajar, dan kemampuan siswa dalam menjawab soal,serta faktoreksternal yaitu latar belakang pendidikan ayah. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas IXSMP Negeri 3 Natardengan teknik purposive sampling.Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dengan menggunakan metodedeskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu uji soal TIMSS, lembar angket, dan wawancaraguru mata pelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwanilai tes soal TIMSSsiswa berkategori“cukup”dengannilairata-rata47, 40.Kemampuan siswa dalam menjawab soaldomain kognitif informasi sederhana yang paling mendominasi dengan kategori“tinggi”, domain kognitif pemahaman faktual berkategori“cukup”,penalaran dan analisis berkategori“rendah”,informasi kompleks berkategori“cukup”,penalaran dan analisisberkategori“cukup”,berteori, analisis, dan memecahkan masalah berkategori“cukup”,serta terapan berkategori“rendah”.Faktor ekternal latar belakang pendidikan ayah merupakan faktor yang palingdominan dalam mempengaruhi penguasaan materi IPA siswa dengan kategori“cukup”,yang kemudian dikuti dengan faktor internal kebiasaan belajar siswa,motivasi belajar IPA siswa, dan kemampuan siswa dalam menjawab soal.Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa tingkat penguasaan materi IPA siswamasih berkategori“cukup”yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal siswa. Kata kunci: faktor eksternal, faktor internal, TIMSS