?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+PEMBELAJARAN+MENGGUNAKAN+LKS+BERBASIS+PROBLEM+SOLVING+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+MENGKOMUNIKASIKAN+PADA+MATERI+ASAM+BASA&rft.creator=YUSI+ZULIANTI+%2C+1313023094&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=ABSTRAK%0D%0A%0D%0A%0D%0A%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+pembelajaran+menggu-na%C2%AC%C2%ACkan+LKS+berbasis+problem+solving+dalam+meningkatkan+keterampilan+mengko-mu%C2%ACni%C2%ACkasikan+pada+materi+asam+basa.++Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+IPA+SMA+Negeri+13+Bandarlampung+semester+genap+Tahun+2016-2017+dengan+kelas+XI+IPA+1+dan+XI+IPA+4+sebagai+sampel+penelitian.++Pengambi-lan+sampel+dilakukan+dengan+teknik+purposive+sampling.++Metode+penelitian+ini+adalah+kuasi+eksperimen+dengan+Non+Eqiuvalent+(Pretest-Posttest)+Control+Group+Design.++Efektivitas+pembelajaran+menggu%C2%ACna%C2%AC%C2%ACkan+LKS+berbasis+problem+solving+pada+penelitian+ini+ditunjukkan+dengan+adanya+perbedaan+n-Gain+yang+signifikan+antara+kelas+kontrol+dengan+kelas+eksperimen%2C+serta+didukung+dengan+ha%C2%ACsil+anali%C2%ACsis+beberapa+data+pendukung+yaitu+aktivitas+siswa+selama+pembelaja%C2%ACran+berlang%C2%ACsung+dan+kemampuan+guru+dalam+mengelola+pembelajaran.++Kepraktisan+diukur+ber-dasarkan+keterlaksanaan+RPP+dan+respon+siswa.++Hasil+penelitian+me%C2%ACnun%C2%ACjukkan+nilai+rata-rata+n-Gain+keterampilan+mengkomunikasikan+pada+kelas+eks%C2%AC%C2%AC%C2%AC%C2%ACperimen+se-besar+0%2C76+dan+pada+kelas+kontrol+sebesar+0%2C59.++Berdasarkan+pengu%C2%ACjian+hipo%C2%ACtesis%2C+disimpulkan+bahwa+kelas+dengan+pembelajaran+menggunakan+LKS+berbasis+problem+solving+memiliki+rata-rata+n-Gain+keterampilan+mengkomu%C2%ACni%C2%ACkasikan+yang+lebih+tinggi+signifikan+dibandingkan+rata-rata+n-Gain+keterampilan+mengko%C2%ACmu%C2%AC%C2%ACni-kasikan+kelas+dengan+pembelajaran+konvensio%C2%ACnal.++Ha%C2%ACsil+anilisis+be%C2%ACbe%C2%ACrapa+data+pendukung+yaitu+aktivitas+siswa+selama+pembelaja%C2%ACran+berlangsung%2C+kemam%C2%ACpuan+guru+dalam+mengelola+pembelajaran%2C+ke%C2%ACter%C2%AClaksanaan+pembelajaran%2C+dan+res%C2%ACpon+siswa+terhadap+pelaksanaan+pembelajaran+memili%C2%ACki+kriteria+sangat+tinggi.++Hal+ini+menunjukkan+bahwa+pembelajaran+mate%C2%ACri+asam-basa+mengguna%C2%ACkan+LKS+ber%C2%ACbasis+problem+solving+efektif+dalam+mening%C2%ACkatkan+keterampilan+mengkomunika%C2%ACsi%C2%AC%C2%ACkan.%0D%0AKata+kunci%3A+keefektivan%2C+keterampilan+mengkomunikasikan%2C+LKS+berbasis+problem+solving.%0D%0A%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2017-07-10&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27283%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27283%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27283%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++YUSI+ZULIANTI+%2C+1313023094++(2017)+EFEKTIVITAS+PEMBELAJARAN+MENGGUNAKAN+LKS+BERBASIS+PROBLEM+SOLVING+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+MENGKOMUNIKASIKAN+PADA+MATERI+ASAM+BASA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F27283%2F