@misc{eprints27288, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN }, author = {1313023052 NADYA PUTRI AULIA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27288/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik da-lam meningkatkan pemahaman konseptual dan sikap ilmiah pada materi pemi?sahan campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan the matc?h?ing only pretest-posttest control group de?sign. Populasi dalam pe?neli?ti?an ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 22 Bandarlampung semes?ter ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah se?lu?ruh siswa di kelas VIIB sebagai ke?las eks?perimen dan VIID sebagai kelas kon?trol dengan pe?ng?ambilan sampel meng??gunakan pur?po?sive sampling. Hasil pengu?ji?an hipotesis me????nun??juk?kan bah?wa nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari pa?da ke?las kontrol. Persentase nilai rata-rata sikap ilmiah pada setiap topiknya juga cen?derung mening-kat, yaitu pada topik 1 sebesar 56,67\%, topik 2 sebesar 65,24\%, dan topik 3 sebesar 79,52\% . Dapat di?sim?pulkan bahwa pembelajaran de?ngan meng??guna?kan pen?de?kat?an sain?tifik efek??tif dalam mening?kat?kan pe?ma?haman kon?septual dan si-kap il?mi?ah siswa pada materi pe?misahan campuran. Kata kunci: pemahaman konseptual, pemisahan campuran, pendekatan sain?ti?fik, sikap ilmiah } }