%0 Generic %A YUSTINA RETNO KUSUMA WARDANI, 1313023096 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27289 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN %U http://digilib.unila.ac.id/27289/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik da¬lam meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan the matching only pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017, dengan sampel seluruh siswa kelas VIIB sebagai kelas eksperi-men dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil uji t terhadap nilai rata-rata n-gain menunjukkan bahwa keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih tinggi dari pada keterampilan proses sains kelas kontrol. Sikap ilmiah siswa juga menunjukkan peningkatan yaitu pada Topik 1, 2 dan 3 berturut-turut sebesar 56,67 %, 65,24%, dan 79,52 %, se¬hingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah pada materi pemisahan campuran. Kata kunci: keterampilan proses sains, pemisahan campuran, pendekatan saintifik, dan sikap ilmiah.