TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27297 UR - http://digilib.unila.ac.id/27297/ A1 - DINI ANDRIANI, 1313023018 Y1 - 2017/07/11/ N2 - Penelitian dengan One Group Pretes-Posttes Desaign ini bertujuan mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan serta effect size pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.9 dan X.10 SMA Negeri 16 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa. Kefeektifan diukur melalui kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siwa selama proses pembelajaran, peningkatan kemempuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa. Ukuran pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa dihitung menggunakan rumus Abujahjouh (2014). Kemampuan metakognisi ditunjukkan dengan skor responden siswa pada angket dan penguasaan konsep siswa diukur melalui nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran discovery learning memiliki kepraktisan untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaaan konsep siswa yang dibuktikan dengan keterlaksanaan RPP dan respon siswa yang tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan pembelajaran discovery learning memiliki keefektifan yang sangat tinggi dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasan konsep. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan metakognisi meningkat dari kriteria tinggi ke sangat tinggi, n-Gain penguasaan konsep siswa memiliki krteria sedang, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa dalam kegiatan memiliki kriteria sangat tinggi. Pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa yang dibuktikan dengan nilai effect zise yang besar. Kata Kunci : discovery learning, keefektifan, kemampuan metakognisi, kepraktisan, penguasaan konsep. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT AV - restricted ER -