@misc{eprints27299, month = {Juli}, title = {PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi Pada Auto 2000 ? PT Astra Internasional Tbk. Toyota Kantor Cabang Raden Intan Bandarlampung)}, author = {1311011009 Akbar Riza}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27299/}, abstract = { PT Astra Internasional Tbk. Toyota Cabang Raden Intan Bandar lampung adalah salah satu dealer otomotif yang bergerak di bidang jasa penjualan, perawatan, perbaikan serta penyediaan suku cadang Toyota. Visi perusahaan adalah menjadi dealer otomotif terbaik di Indonesia dengan proses dan pelayanan kelas dunia. Permasalahan dalam penelitian ini, berdasarkan hasil wawancara tidak terstruktur kepada karyawan terkait dengan kepuasan kerja yang dirasakan, bahwa masih banyak karyawan yang merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan, sehingga apabila hal ini tidak diperhatikan lebih oleh perusahaan tentu akan berdampak buruk pada pelayanan karyawan terhadap konsumen yang akan menghambat tercapainya visi perusahaan. Kepuasan kerja karyawan pada dasarnya dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya yaitu locus of control dan stres kerja karyawan. Locus of control mengacu pada keyakinan seseorang bahwa apa yang terjadi adalah karena kendali dirinya yaitu internal atau di luar kendali dirinya yaitu eksternal, karyawan yang memiliki internal locus of control lebih cenderung merasa puas dan sebaliknya karyawan dengan eksternal locus of control akan cenderung kurang puas karena merasa bahwa dirinya tidak mampu untuk mengendalikan keadaan disekitarnya. Tingkat stres kerja karyawan yang tinggi dan berlebihan tentu membuat karyawan merasa tidak puas dalam bekerja, faktor yang menyebabkan tingginya tingkat stres kerja karyawan diantarnya yaitu beban kerja yang berlebihan, waktu dan peralatan kerja yang kurang memadai serta hubungan yang kurang harmonis di dalam organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh locus of control dan stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan PT Astra Internasional Tbk. Toyota Cabang Raden Intan Bandarlampung, yaitu sebanyak 138 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Akbar Riza Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan yaitu locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Astra Internasional Tbk. Toyota Cabang Raden Intan Bandarlampung, stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Astra Internasional Tbk. Toyota Cabang Raden Intan Bandarlampung, serta locus of control dan stres kerja secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Astra Internasional Tbk. Toyota Cabang Raden Intan Bandarlampung, dibuktikan dengan nilai thitung variabel locus of control 4,849 {\ensuremath{>}} ttabel 1,9776, nilai thitung variabel stres kerja -4,849 {\ensuremath{<}} ttabel 1,9776 dan nilai Fhitung 20,984 {\ensuremath{>}} Ftabel 3,063 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Nilai R square = 0,237 atau 23,7\% varian yang dapat dijelaskan oleh variabel locus of control dan stres kerja terhadap variabel kepuasan kerja, sedangkan selebihnya di jelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini. Saran bagi karyawan sebaiknya lebih percaya akan kemampuan pada dirinya sendiri bahwa kesuksesan dapat diraih dengan usaha dan kerja kerasnya, manajemen perusahaan sebaiknya lebih berperan aktif membantu karyawannya dalam memecahkan masalah atau setidaknya tugas dan pekerjaan yang sulit dan perusahaan sebaiknya lebih menekankan visi, misi dan tujuan yang hendak dicapai kepada karyawannya agar dapat mereka mengerti dengan baik apa yang diharapkan oleh organisasi terhadap mereka. Kata kunci: Locus of control, Stres kerja, Kepuasan kerja} }