%0 Generic %A Arin Galih Prawesti, 1313031013 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %F eprints:27309 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH MINAT, SIKAP SISWA, DAN PEMANFAATAN SARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SEBAGAI PEMODERASI PADA SISWA KELAS X SMA PERINTIS I BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/27309/ %X Tinggi rendahnya hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dipengaruhi faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal yang mempengaruhi diantaranya adalah minat belajar dan sikap siswa, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi diantaranya adalah pemanfaatan sarana belajar dan aktivitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat, sikap siswa, dan pemanfaatan sarana belajar terhadap hasil belajar dengan aktivitas belajar sebagai pemoderasi pada siswa kelas X SMA Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 118 orang dan sampel 91 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probabilitas sampling dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara minat belajar, sikap siswa dan pemanfaatan sarana belajar terhadap hasil belajar melalui aktivitas belajar siswa kelas X SMA Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan kadar determinasi sebesar 0,555. Variabel minat belajar merupakan variabel yang dominan mempengaruhi aktivitas belajar dan hasil belajar. Oleh karena itu, perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap variabel-variabel tersebut sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, minat belajar, pemanfaatan sarana belajar, sikap siswa