TY - THES ID - eprints27315 UR - http://digilib.unila.ac.id/27315/ A1 - CRIS AYU SETYANINGSIH , 1423025022 Y1 - 2017/06/17/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis representasi jamak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema peran energi dalam kehidupan. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan cara studi pendahuluan, pengembangan produk awal, tahap validasi dan revisi, tahap uji coba melalui implementasi LKS di sebuah SMP di Lampung Utara, dan wawancara setelah perlakuan hingga diperoleh produk akhir berupa LKS berbasis representasi jamak. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan LKS yang memenuhi kriteria kelayakan (validitas), kepraktisan, dan keefektivan. Kelayakan LKS diukur dari hasil validasi ahli. Kepraktisan LKS dilihat dari penilaian keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa melalui observasi dan angket. Keefektivan LKS dapat dilihat dari peningkatan N-gain dan aktivitas Cris Ayu Setyaningsih iii siswa. Efektivitas produk diperoleh melalui penelitian kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design yaitu dengan melihat perbedaan pretest maupun postest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis representasi jamak secara konten dan kontruk telah valid dan layak digunakan; praktis digunakan dengan tingkat keterlaksanaan sangat tinggi dan mendapatkan respon sangat baik dari siswa; serta efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan mendorong aktivitas siswa dengan kategori sangat tinggi. Kata kunci: LKS, representasi jamak, keterampilan berpikir kritis PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA PERAN ENERGI DALAM KEHIDUPAN AV - restricted ER -