@misc{eprints27318, month = {Juni}, title = {PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 1 BINAKARYA BUANA}, author = {1313053080 KOMANG KUMARA RATIH }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27318/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Binakarya Buana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Binakarya Buana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Data penelitian ini diperoleh dari pretest dan postest, dengan instrumen yang digunakan angket untuk mengukur efektivitas pengaruh penerapan metode inkuiri, dan soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis melalui independent sample t-test diperoleh nilai sig 2- tailed kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, IPS, metode inkuiri} }