@misc{eprints27324, month = {Juli}, title = {DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskripstif pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 22 Pesawaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017)}, author = {1313021073 Rizki Hary Purnomo}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27324/}, abstract = {Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis mate-matis siswa pada pembelajaran Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMP Negeri 22 Pesawaran tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang percakapan kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa: (1) Percakapan kritis matematis lebih sering muncul jika siswa diberikan permasalah-an yang memuat indikator interpretasi atau analisis, (2) Pada saat percakapan kritis matematis berlangsung, indikator analisis merupakan indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang sering dimunculkan oleh siswa, (3) Percakapan kritis matematis lebih sering muncul pada saat guru dan siswa menggunakan per-tanyaan Socrates tipe klarifikasi, dan (4) Pada saat percakapan kritis matematis berlangsung, langkah communicating merupakan langkah saintifik yang sering dilakukan oleh siswa. Kata kunci: percakapan kritis matematis, metode Socrates, pendekatan saintifik. } }