TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27340 UR - http://digilib.unila.ac.id/27340/ A1 - Asmawati Elindriani, 1313033013 Y1 - 2017/06/09/ N2 - Abstrak Pembelajaran merupakan bagian dari pendidikan yang didalamnya ditunjang oleh sebagai unsur ? unsur pembelajaran antara lain, tujuan, sarana dan prasana, situasi atau kondisi belajar, dan lingkungan belajar. Kesemua unsur ? unsur pembelajaran tersebut sangat mempengaruhi gaya belajar kinestetik dan efektivitas belajar sejarah pada siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif antara gaya belajar kinestetik dengan efektivitas belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Penengahan tahun ajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan gaya belajar kinestetik dengan efektivitas belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Penengahan TA 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Penengahan dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Adapun cara yang digunan untuk menentukan anggota sampel pada penelitian ini dilakukan menggunakan cara undian secara acak, masing masing kelas diambil sebanyak 10 orang siswa dari seluruh anggota populasi. Hasil penelitian menunjukkan penghitungan rhitung sebesar 0,835 yang menunjukkan adanya hubungan yang positif antara Gaya Belajar Kinestetik dengan Efektivitas Belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Penengahan. Dengan kekuatan hubungan yang tinggi, hal ini berarti semakin senang siswa dengan gaya belajar kinestetik maka semakin tinggi pula Efektivitas belajarnya. Kata Kunci: Hubungan Gaya Belajar Kinestetik, Efektivitas Belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DENGAN EFEKTIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMAN I PENENGAHAN TAHUN AJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -