@misc{eprints27345, month = {Juli}, title = {DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017)}, author = {1313021038 HUNAIFI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27345/}, abstract = {Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis ma-tematis siswa pada pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang des-kripsi percakapan kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil pene-litian, diperoleh simpulan bahwa dalam percakapan matematis yang diamati, indi-kator kemampuan berpikir kritis yang dominan muncul adalah interpretasi dan analisis. Dalam percakapan matematis tersebut, guru lebih banyak mengajukan pertanyaan Socrates bertipe klarifikasi dan asumsi-asumsi penyelidikan. Tahapan Saintifik yang lebih banyak dilakukan saat percakapan matematis berlangsung adalah tahapan mengomunikasikan. Selain itu, diperoleh juga temuan lain yaitu pola karakteristik percakapan matematis Q-A-V, bentuk percakapan matematis yaitu solve and discuss, step by step, dan student pairs, serta faktor-faktor yang memengaruhi respon siswa dalam percakapan matematis yaitu kepercayaan diri terhadap lawan bicara dan kepemilikan komponen komunikasi. Kata kunci: metode Socrates, pendekatan Saintifik, percakapan kritis matematis. } }