%0 Generic %A HUNAIFI, 1313021038 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:27345 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017) %U http://digilib.unila.ac.id/27345/ %X Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis ma-tematis siswa pada pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang des-kripsi percakapan kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil pene-litian, diperoleh simpulan bahwa dalam percakapan matematis yang diamati, indi-kator kemampuan berpikir kritis yang dominan muncul adalah interpretasi dan analisis. Dalam percakapan matematis tersebut, guru lebih banyak mengajukan pertanyaan Socrates bertipe klarifikasi dan asumsi-asumsi penyelidikan. Tahapan Saintifik yang lebih banyak dilakukan saat percakapan matematis berlangsung adalah tahapan mengomunikasikan. Selain itu, diperoleh juga temuan lain yaitu pola karakteristik percakapan matematis Q-A-V, bentuk percakapan matematis yaitu solve and discuss, step by step, dan student pairs, serta faktor-faktor yang memengaruhi respon siswa dalam percakapan matematis yaitu kepercayaan diri terhadap lawan bicara dan kepemilikan komponen komunikasi. Kata kunci: metode Socrates, pendekatan Saintifik, percakapan kritis matematis.