creators_name: HUNAIFI, 1313021038 creators_id: hunaifiintan@gmail.com type: other datestamp: 2017-07-21 06:28:34 lastmod: 2022-03-16 02:01:09 metadata_visibility: show title: DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017) ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA full_text_status: restricted abstract: Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis ma-tematis siswa pada pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang des-kripsi percakapan kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil pene-litian, diperoleh simpulan bahwa dalam percakapan matematis yang diamati, indi-kator kemampuan berpikir kritis yang dominan muncul adalah interpretasi dan analisis. Dalam percakapan matematis tersebut, guru lebih banyak mengajukan pertanyaan Socrates bertipe klarifikasi dan asumsi-asumsi penyelidikan. Tahapan Saintifik yang lebih banyak dilakukan saat percakapan matematis berlangsung adalah tahapan mengomunikasikan. Selain itu, diperoleh juga temuan lain yaitu pola karakteristik percakapan matematis Q-A-V, bentuk percakapan matematis yaitu solve and discuss, step by step, dan student pairs, serta faktor-faktor yang memengaruhi respon siswa dalam percakapan matematis yaitu kepercayaan diri terhadap lawan bicara dan kepemilikan komponen komunikasi. Kata kunci: metode Socrates, pendekatan Saintifik, percakapan kritis matematis. date: 2017-07-11 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: HUNAIFI, 1313021038 (2017) DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/27345/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27345/15/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27345/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf