%A 1313031092 Yola Rovita %T STUDI PERBANDINGAN SOFT SKILL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN JIGSAW II DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIIISMP NEGERI 1 BELITANG MADANG RAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %X ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan soft skill dan interaksi antara model pembelajaran CIRC dan JIGSAW II. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya dengan populasi yang diteliti yaitu seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 289 siswa. Dari hasil teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII8 dan VIII10 sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: 1. terdapat perbedaan antara soft skill pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II, 2. Soft skill pada siswa yang memiliki konsep diri positif yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC akan lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajaannya menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw II, 3. Soft skill pada siswa yang memiliki konsep diri negatif yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II akan lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajaannya menggunakan model kooperatif tipe CIRC, 4. Terdapat interaksi antara model pembelajaran pembelajaran kooperatif dengan konsep diri terhadap soft skill siswa. Kata kunci: soft skill siswa, konsep diri siswa, model pembelajaran, CIRC dan JIGSAW II %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints27350