@mastersthesis{eprints27361, month = {Februari}, title = {PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD DI BANDAR LAMPUNG}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {1423012025 TRIYANTIKA SARI }, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27361/}, abstract = {Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh 1) peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) peran komite sekolah terhadap kinerja guru, 3) peran kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah secara simultan terhadap kinerja guru SD di Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif, populasi penelitian berjumlah 201 SD Negeri di Bandar Lampung dengan sampel berjumlah 30 SD di Bandar Lampung yang terdiri atas kepala sekolah, komite sekolah dan guru. Pengumpulan data menggunakan cross section dengan menggunakan media kuisioner atau angket dan analisis data menggunakan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh langsung terhadap kinerja guru. Hal ini bermakna bahwa karena kepemimpinan kepala sekolah menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, kinerja guru juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dengan kontribusi sebesar 92\%. Peran komite sekolah berpengaruh langsung terhadap kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dengan kontribusi sebesar 60,2\%, karena peran komite sekolah dijalankan dengan baik, kinerja guru pun juga mengalami peningkatan. Peran kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dengan kontribusi sebesar 93,2\%. Hal ini bermakna bahwa karena kepemimpinan kepala sekolah dilaksanakan dengan baik dan peran komite sekolah dilaksanakan dengan baik, kinerja guru juga mengalami peningkatan.Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, komite sekolah, kinerja guru The purpose of this study is to describe and analyze the influence between: 1) the role of principal leadership and teacher performance, 2) the role of the school committee and teacher performance, 3) the role of principal leadership and the role of the school committee simultaneously with teachers? performance on public Elementary School in Bandar Lampung. This study was a quantitative descriptive research with research population of 201 public elementary schools in Bandar Lampung with a sample of 30 populations of elementary school in Bandar Lampung consisting of principals, teachers and school committees. Data was collected by questionnaire and analysis of data using regression. The results of this study indicate that the role of principal leadership directly affects the teachers performance; it means that if the principal leadership plays the role and function properly then the teacher's performance will also increase this can be seen from the research field with a contribution of 92\%. The role of the school committee directly influence the teachers performance, this can be seen from the research field with a contribution of 60,2\%. it means that if the school committee plays the role and function properly then the teacher's performance will also increase. The role of principal leadership and the role of the school committee together significantly affect the teachers? performance, this can be seen from the research field with a contribution of 93,2\%, it means that if the principal's leadership executed well and the school committee conducted with both the teacher's performance will also increase. Keywords: principal leadership, school committe, teacher?s performnace} }