TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27384 UR - http://digilib.unila.ac.id/27384/ A1 - FIFI NOVIASARI, 1213033031 Y1 - 2017/07/05/ N2 - Pembelajaran yang Aktif dan Interaktif adalah hal yang ingin dicapai dalam proses perencanan Pemebelajaran agar lebih memotivasi siswa dalam belajar, Hal ini dikarenakan Motivasi Siswa akan sangat menentukan tingkat pencapaian prestasi belajar siswa. Belajar dan Mengajar haruslah menggunakan Model Pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat di gunakan agar tujuan pembelajaran tercapai adalah menerapan Model Kooperatif Teknik Round Table. Rumusan masalah penelitian ini adalah,Apakah Penerapan Model Koopertif Teknik Round Table Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Punggur Tahun Ajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negri 1 Punggur setelah di terapkanya Model Koopertif Teknik Round Table. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain One-Shout Case Study, populasinya adalah seluruh Siswa Kelas XI IPS. Sampel 28 Siswa menggunakan teknik Sampel Random Sampling Alat ukur pada penelitian ini adalah Angket yang terdiri dari 18 butir. Teknik pengumpulan yang di gunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat di simpulkan bahwa dengan Penerapan Model Kooperatif Tenik Round Table dapat meningkatkan motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Punggur Tahun Ajaran 2016/2017, yaitu dengan pertemuan pertama diperoleh (57,70%), kedua (68,,85%) dan pertemuan ketiga memperoleh (76,,9%). Kata kunci: Motivasi,Penerapan, Round Table PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PUNGGUR TAHUN AJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -