@misc{eprints27389, month = {Juli}, title = {PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN SELF EFFICACY PADA MATERI ASAM BASA }, author = { 1313023084 VENI DARMAWANTI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/27389/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan self efficacy siswa pada materi asam basa. Metode penelitian ini mengguna-kan kuasi eksperiemen dengan Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 sebagai kelas eks-perimen dan XI IPA1 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 6 Metro. Pengaruh strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang ditentukan berdasarkan keter-laksanaan strategi scaffolding dan pembelajaran SiMaYang, serta peningkatan ke-mampuan literasi kimia dan self efficacy siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh ?besar? dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan self efficacy siswa dengan n-Gain berkategori ?tinggi?, sedangkan pembelajaran SiMaYang tanpa strategi scaffolding juga memiliki pengaruh ?besar? dalam meningkatkan kemam-puan literasi kimia dan self efficacy siswa, namun dengan n-Gain berkategori ?sedang?. Kata kunci:literasi kimia, pembelajaran SiMaYang, pengaruh, scaffolding, self efficacy } }