creators_name: Ririn Noviyanti, 1523011006 creators_id: ririnnoviyanti943@yahoo.com type: thesis datestamp: 2017-07-27 07:14:33 lastmod: 2017-07-27 07:14:33 metadata_visibility: show title: Pengembangan Modul Berbasis PBL Untuk Pembentukkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Di Lampung Timur ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Tujuan penenlitian ini adalah 1) mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran berorientasi PBL;2) menganalisis efektifitas modul pembelajaran berorientasi PBL; 3) menganalisis kemenarikan modul pembelajaran berorientasi PBL. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan metode Borg and Gall. Penelitian di laksanakan di SMAN 1 Bandar Sribhawono, SMAN 1 Waway Karya, SMAN 1 Sekampung Udik di Kabupaten Lampung Timur. Pengumpulan data menggunakan angket dan instrument tes. . Pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, tes dan angket. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1)proses pengembangan modul di validasi oleh ahli konten, ahli media, dan ahli desain;2) modul efektif digunakan dengan rata – rata gain ternormalisasi > 0,5; 3) modul menarik dilihat dari hasil uji kemenarikan rata – rata > 80%. Kata kunci : modul, PBL, kemampuan berpikir kritis. ABSTRACT The purpose of this research are 1) to describe the process of developing PBL-based learning modules, 2) to analyze the effectiveness of PBL-based learning modules; 3) analyze the attractiveness of PBL-based learning modules. This research used research and development approach Borg and Gall method. The research was conducted at SMAN 1 Bandar Sribhawono, SMAN 1 Waway Karya, SMAN 1 Sekampung Udik in East Lampung District. Data collection using questionnaires and test instruments.. Data were analyzed quantitatively and qualitatively. The conclusions of this research are 1) module development process validated by content expert, media expert and design expert 2) effective module used with normalized gain average> 0.5; 3) interesting module seen from the results of the average attractiveness test> 80%. Keywords: modules, PBL, critical thinking skill. date: 2017-06-17 date_type: published institution: PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN department: UNIVERSITAS LAMPUNG thesis_type: masters citation: Ririn Noviyanti, 1523011006 (2017) Pengembangan Modul Berbasis PBL Untuk Pembentukkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Di Lampung Timur. Masters thesis, PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/27497/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27497/15/TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27497/16/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf