%A 1313053174 YUSRIFA INDRIAS %T PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIMBARWARINGIN %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Simbarwaringin. Nilai rata-rata mid semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran matematika untuk kelas IV A 61,800, kelas IV B 57,800, dan kelas IV C 52,650. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Simbarwaringin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen non-equivalent group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa soal tes pilihan jamak, tes diberikan berupa pretest dan posttest. Analisis data menggunakan independent sample t test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-gain kelas eksperimen 0,474, sedangkan nilai N-gain kelas kontrol 0,301. Hasil rata-rata kelas eksperimen dari nilai rata-rata 48,500 meningkat menjadi 72,800 besar peningkatannya sebesar 24,300. Sedangkan hasil rata-rata kelas kontrol dari nilai rata-rata 49,750 meningkat menjadi 65,100 peningkatannya sebesar 15,750. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan program SPSS.23 diperoleh nilai sig (2- tailed) 0,021, (0,021< 0,050) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dari perhitungan uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe student facilitator and explaining dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, matematika, student facilitator and explaining %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints27510