creators_name: YUSRIFA INDRIAS, 1313053174 creators_id: yusrifaindrias06@gmail.com type: other datestamp: 2017-07-27 02:39:13 lastmod: 2017-07-27 02:39:13 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIMBARWARINGIN ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Simbarwaringin. Nilai rata-rata mid semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran matematika untuk kelas IV A 61,800, kelas IV B 57,800, dan kelas IV C 52,650. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Simbarwaringin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen non-equivalent group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa soal tes pilihan jamak, tes diberikan berupa pretest dan posttest. Analisis data menggunakan independent sample t test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-gain kelas eksperimen 0,474, sedangkan nilai N-gain kelas kontrol 0,301. Hasil rata-rata kelas eksperimen dari nilai rata-rata 48,500 meningkat menjadi 72,800 besar peningkatannya sebesar 24,300. Sedangkan hasil rata-rata kelas kontrol dari nilai rata-rata 49,750 meningkat menjadi 65,100 peningkatannya sebesar 15,750. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan program SPSS.23 diperoleh nilai sig (2- tailed) 0,021, (0,021< 0,050) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dari perhitungan uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe student facilitator and explaining dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, matematika, student facilitator and explaining date: 2017-06-13 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: YUSRIFA INDRIAS, 1313053174 (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIMBARWARINGIN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/27510/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27510/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/27510/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf