%0 Generic %9 Other %A nirtika suma, 1013023012 %C Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2014 %F eprints:2752 %I Universitas Lampung %T ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING %U http://digilib.unila.ac.id/2752/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir lancar pada materi asam-basa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Swadhipa Natar. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil pene¬litian analisis pembelajaran materi asam-basa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menunjukkan bahwa kemampuan berpikir lancar pada ke¬lompok tinggi 42,86% berkriteria sangat baik, dan 57,14% berkriteria baik; kelompok sedang 12,5% berkriteria sangat baik, 68,75% berkrikeria baik, 12,5% berkriteria cukup, dan 6,25% ber¬kriteria kurang; kelompok rendah 44,44% ber-kriteria baik, 44,44% berkriteria cukup, dan 11,11% berkriteria kurang.