TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27521 UR - http://digilib.unila.ac.id/27521/ A1 - NI WAYAN SETIAWATI, 1313053111 Y1 - 2017/06/21/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah (1) kurangnya ketertarikan peserta didik pada pembelajaran PKn karena terkesan membosankan, (2) kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media dan sumber pembelajaran, (3) hasil belajar PKn peserta didik masih rendah dilihat dari banyaknya peserta didik yang belum tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi peserta didik terhadap kompetensi profesionalisme guru dengan hasil belajar PKn kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, model penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) untuk memperoleh data persepsi peserta didik terhadap kompetensi profesional guru dan tes formatif untuk memperoleh data hasil belajar PKn. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Berdasarkan hasil pehitungan uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat hubungan antara persepsi peserta didik terhadap kompetensi profesionalisme guru dengan hasil belajar PKn kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Kata kunci: hasil belajar, kompetensi profesionalisme, PKn PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DENGAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI 1 METRO TIMUR AV - restricted ER -