@misc{eprints2753, month = {Agustus}, title = {Analisis Keterampilan Mengelompokkan dan Inferensi Pada materi Oksidasi-Reduksi Dengan Model Problem Solving}, author = {0913023079 eca oktadarmafina}, address = {FKIP}, publisher = {Universitas Lampung}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/2753/}, abstract = {ABSTRAK ANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI PADA MATERI OKSIDASI-REDUKSI DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING Oleh ECA OKTADARMAFINA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelompokkan dan inferensi pada materi oksidasi-reduksi dengan model problem solving untuk kelompok siswa kategori tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 4 SMA Negeri 4 Kotabumi. Penelitian ini menggu?na?kan metode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis data statistik deskrip?tif. Hasil penelitian analisis pembelajaran materi oksidasi-reduksi dengan model pembelajaran problem solving menun?juk?kan bahwa : (1) keterampilan mengelompokkan diperoleh kelompok tinggi 50\% berkriteria sangat baik, 50\% berkriteria baik; ke?lom?pok sedang 20\% berkriteria sangat baik, 53\% berkriteria baik dan 27\% berkriteria cukup; kelompok rendah 11\% berkrite?ria sangat baik, 11\% berkri?teria baik, 45\% berkri?teria cukup, dan 33\% berkriteria kurang. (2) Pada keterampilan inferensi diperoleh kelom?pok tinggi 83\% berkriteria sangat baik, 17\% berkriteria baik; kelompok sedang 20\% berkriteria sangat baik, 47\% berkriteria baik, dan 33\% berkriteria cukup; kelompok rendah 33\% berkriteria baik, 45\% berkriteria cukup, dan 22\% berkriteria kurang. Kata kunci : Problem Solving, keterampilan mengelompokkan, keterampilan inferensi, oksidasi-reduksi } }