TY - GEN CY - FKIP ID - eprints2753 UR - http://digilib.unila.ac.id/2753/ A1 - eca oktadarmafina, 0913023079 Y1 - 2014/08/18/ N2 - ABSTRAK ANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI PADA MATERI OKSIDASI-REDUKSI DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING Oleh ECA OKTADARMAFINA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelompokkan dan inferensi pada materi oksidasi-reduksi dengan model problem solving untuk kelompok siswa kategori tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 4 SMA Negeri 4 Kotabumi. Penelitian ini menggu¬na¬kan metode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis data statistik deskrip¬tif. Hasil penelitian analisis pembelajaran materi oksidasi-reduksi dengan model pembelajaran problem solving menun¬juk¬kan bahwa : (1) keterampilan mengelompokkan diperoleh kelompok tinggi 50% berkriteria sangat baik, 50% berkriteria baik; ke¬lom¬pok sedang 20% berkriteria sangat baik, 53% berkriteria baik dan 27% berkriteria cukup; kelompok rendah 11% berkrite¬ria sangat baik, 11% berkri¬teria baik, 45% berkri¬teria cukup, dan 33% berkriteria kurang. (2) Pada keterampilan inferensi diperoleh kelom¬pok tinggi 83% berkriteria sangat baik, 17% berkriteria baik; kelompok sedang 20% berkriteria sangat baik, 47% berkriteria baik, dan 33% berkriteria cukup; kelompok rendah 33% berkriteria baik, 45% berkriteria cukup, dan 22% berkriteria kurang. Kata kunci : Problem Solving, keterampilan mengelompokkan, keterampilan inferensi, oksidasi-reduksi PB - Universitas Lampung TI - Analisis Keterampilan Mengelompokkan dan Inferensi Pada materi Oksidasi-Reduksi Dengan Model Problem Solving AV - restricted ER -