%A 0913023079 eca oktadarmafina %T Analisis Keterampilan Mengelompokkan dan Inferensi Pada materi Oksidasi-Reduksi Dengan Model Problem Solving %X ABSTRAK ANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI PADA MATERI OKSIDASI-REDUKSI DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING Oleh ECA OKTADARMAFINA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelompokkan dan inferensi pada materi oksidasi-reduksi dengan model problem solving untuk kelompok siswa kategori tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 4 SMA Negeri 4 Kotabumi. Penelitian ini menggu?na?kan metode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis data statistik deskrip?tif. Hasil penelitian analisis pembelajaran materi oksidasi-reduksi dengan model pembelajaran problem solving menun?juk?kan bahwa : (1) keterampilan mengelompokkan diperoleh kelompok tinggi 50% berkriteria sangat baik, 50% berkriteria baik; ke?lom?pok sedang 20% berkriteria sangat baik, 53% berkriteria baik dan 27% berkriteria cukup; kelompok rendah 11% berkrite?ria sangat baik, 11% berkri?teria baik, 45% berkri?teria cukup, dan 33% berkriteria kurang. (2) Pada keterampilan inferensi diperoleh kelom?pok tinggi 83% berkriteria sangat baik, 17% berkriteria baik; kelompok sedang 20% berkriteria sangat baik, 47% berkriteria baik, dan 33% berkriteria cukup; kelompok rendah 33% berkriteria baik, 45% berkriteria cukup, dan 22% berkriteria kurang. Kata kunci : Problem Solving, keterampilan mengelompokkan, keterampilan inferensi, oksidasi-reduksi %C FKIP %D 2014 %I Universitas Lampung %L eprints2753