title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 5 METRO BARAT creator: SITI NURJANAH, 1313053155 subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB1501 Primary Education description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Barat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori “Cukup”, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi “Aktif”. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori “Cukup”, dan pada siklus II meningkat menjadi “Baik”. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, tari bambu publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-06-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27539/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27539/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27539/3/SKIRPSI%20FULL.pdf identifier: SITI NURJANAH, 1313053155 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 5 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/27539/