TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints27575 UR - http://digilib.unila.ac.id/27575/ A1 - DARTIA UTARI, 1313023010 Y1 - 2017/07/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas media animasi berbasis representasi kimia dalam meningkatkan kemampuan representasi siswa pada maŽteri faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan kimia. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching only preŽtest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016-2017, dengan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel penelitian. PengamŽbilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan berupa media animasi berbasis representasi kimia, soal pretes dan postes kemampuan represenŽtasi siswa, serta lembar penilaian sikap dan aktivitas siswa. Hasil penelitian me-nunjukkan bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan rata-rata n-gain kelas eksperimen tergolong dalam kriteria sedang, nilai sikap dan aktivitas siswa kelas eksperimen selama pembelajaran juga tinggi sehingga dapat dikatakan media animasi berbasis representasi kimia efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi siswa. Kata kunci: kemampuan representasi, media animasi, kesetimbangan kimia PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - EFEKTIVITAS MEDIA ANIMASI BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERGESERAN KESETIMBANGAN KIMIA AV - restricted ER -