%A 1313023081 Uci Agustina %T EFEKTIVITAS LKS BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DALAM MENINGKATKAN KPS SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berorientasi KPS dalam meningkatkan KPS siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi la-ju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan de-sain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam pe-nelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA semester ganjil di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian, dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen, sedangkan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data me-nunjukkan rata-rata n-Gain kelas ekseperimen sebesar 0,53; dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berorientasi KPS efektif dalam meningkatkan KPS siswa dengan kriteria sedang. Keefektifan pembelajaran menggunakan LKS berorientasi KPS di kelas eksperimen didukung dengan adanya nilai rata-rata aktivitas dan kinerja siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci: faktor-faktor yang memepangaruhi laju reaksi, KPS, LKS. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints27578