title: PENGARUH STORY TELLING TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NURUL AMAL RATULANGI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 creator: YULIA INDAH FIRYATI, 1213054095 subject: LB1501 Primary Education subject: P Philology. Linguistics description: Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaanmetode story telling terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Amal Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitiana sosiatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 anak.Waktu dalam 22 sampaidengan 27 Agustus 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubric penilaian.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode story telling terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK NurulAmal Bandar Lampung TahunAjaran 2016/2017. Kata kunci : anakusiadini,kemampuanbahasaanak,metode storytelling, THE INFLUENCE OF STORYTELLING METHODTOWARD CHILDREN LANGUAGE ABILITY AGED 4-5 YEARS AT NURUL AMAL’S KINDERGARTEN RATULANGI BANDAR LAMPUNG ACADEMIC YEAR 2016/2017 The problem of the research was based on the low of children language ability. This research aimed to determine the influence of story tellingmethod toward children language ability aged 4-5 yearsat NurulAmal’s Kindergarten Ratulangi Bandar Lampung Academic years 2016/2017. The method used in this research is a kind of associative research. The respondent of this research consist of 30 children.This research was conducted since August 22th till 27th 2016. The data collection technique used observation technique. Instrument used in this research was the observation sheet in form of scoring rubric. The data were analyzed using simple linear regression test. The result discovered that there was an influence of story telling method toward children language ability aged 4-5 years at NurulAmal’s Kindergarted Ratulangi Bandar Lampung Academic years 2016/2017 Keywords : children language ability, early childhood, story telling method. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-06-05 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27585/1/ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27585/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/27585/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: YULIA INDAH FIRYATI, 1213054095 (2017) PENGARUH STORY TELLING TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NURUL AMAL RATULANGI BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/27585/