%A 1313023043 ISTIQOMAH %T EFEKTIVITAS LKS BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KPS DITINJAU DARI KOGNITIF SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan KPS ditinjau dari kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap di SMAN 15 Bandar Lampung tahun 2016-2017. Sampel penelitian diambil mengguna-kan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperi?men dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini dianalisis meng?gunakan uji two ways ANOVA dan uji-t . Dari hasil penelitian disimpulkan: (1) tidak terdapat interaksi yang terjadi antara pembelajaran yang menggunakan LKS terhadap KPS siswa pada materi asam basa ditinjau dari kemampuan kognitif siswa, (2) pem-belajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan KPS siswa, (3) KPS siswa kemampuan kognitif tinggi dengan pembelajaran yang menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah lebih tinggi dibandingkan pembelajaran yang menggunakan LKS konvensional pada materi asam basa, (4) KPS siswa kemampuan kognitif rendah dengan pembelajaran yang menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah lebih tinggi dibandingkan pembel-ajaran yang menggunakan LKS konvensional pada materi asam basa, (5) KPS siswa berkemampuan kognitif tinggi lebih tinggi dibandingkan KPS siswa berkemampuan kognitif rendah pada pembelajaran yang menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah pada materi asam basa. Kata kunci: LKS, Pendekatan ilmiah, KPS, kemampuan kognitif, asam basa %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints27586