TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints27596 UR - http://digilib.unila.ac.id/27596/ A1 - TIRTA KENCANA DEWI, 1313053161 Y1 - 2017/07/10/ N2 - SDN 3 Sukajawa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Sukajawa yang berjumlah 48 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 siswa sehingga menggunakan teknik total sampling dalam pengambilan sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah disiplin belajar. Variabel terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar IPS. Metode yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,76. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran IPS. ABSTRACT Problems in this study was the low learning achievement of IPS in grade V SDN 3 Sukajawa. The purpose of this research was to know the correlation between learning discipline with IPS learning achievement. The type of research used was descriptive correlational. The population in this study is all students of grade V SD Negeri 3 Sukajawa which amounted to 48 students. The sample in this study amounted to 48 students so using the total sampling technique in sampling. The independent variable in this study was the discipline of learning. The dependent variable in this study was IPS learning achievement. The method used was observation and test. The results of this study indicated that there was a positive relationship between learning discipline with IPS learning achievement with a correlation coefficient of 0.76. Keywords: Learning Discipline, Learning Achievement, IPS Learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SUKAJAWA KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -