%A 1213024030 HAYATI %T IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR BERDASARKAN GENDER DAN HUBUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII SE-KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, mengetahui perbedaan gaya belajar antar gender, dan mengetahui hubungan gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar. Sampel penelitian adalah 61 % siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung karang Barat Bandar Lampung yang berjumlah 259 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif untuk jenis gaya belajar siswa, serta secara statistik menggunakan uji perbedaan Mann-Whitney U Test untuk mengetahui perbedaan gaya belajar antar gender, dan uji korelasi Kendall?s Tau untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar yang dominan pada siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tanjung karang Barat adalah auditorial (59 %). Terdapat perbedaan sigfikan antara gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik antar siswa laki-laki dan perempuan, dan tidak terdapat perbedaan signifikan antara gaya belajar auditorial antar siswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar. Ditemukan juga tingkat keeratan hubungan antara gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa adalah ?sangat rendah?. Dengan demikian, gaya belajar siswa mempunyai hubungan yang tidak terlalu besar terhadap hasil belajar siswa, sehingga terdapat kemungkinan adanya faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Kata kunci : gaya belajar, gender, hasil belajar %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints27598