TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints276 UR - http://digilib.unila.ac.id/276/ A1 - Syahril, LISTA MISRIA Y1 - 2013/12/23/ N2 - Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pembelajaran kimia di sekolah SMA Gajah Mada masih menggunakan Pembelajaran Konvensional dengan metode ceramah dan diskusi. Pembelajaran seperti itu kurang membimbing siswa untuk dapat memahami konsep kimia khususnya materi ikatan kimia. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan media LKS. Tujuan penelitian adalah menentukan bagaimana perbedaan rata-rata nilai penguasaan konsep ikatan kimia antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan yang diberi pembelajaran kooperatif tipe NHT. Sampel dalam penelitian ini adalah 37 orang siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen 1 dan 37 orang siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen 2. Desain penelitian yang digunakan adalah The Matching-Only Posttest-Only Group Desain, yaitu dengan mengadakan keseimbangan kondisi terhadap kedua kelompok eksperimen. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai penguasaan konsep ikatan kimia pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dalam meningkatkan penguasaan konsep ikatan kimia. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe STAD , Pembelajaran kooperatif tipe NHT, penguasaan konsep. PB - Fakultas KIP TI - PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT AV - restricted ER -